Distributor Bata Ringan Hebel Berkualitas di Lebak, Tenaga Profesional Hubungi WA 081381344044

Mar 15, 2022 Bata Hebel

Distributor Bata Ringan Hebel Berkualitas di Lebak, Tenaga Berpengalaman Hubungi WA 081381344044 – Bata ringan pada saat ini mulai banyak digunakan buat konstruksi dinding gantikan bata merah maupun batako. Karakternya yang paling tahan terhadap air dan api dan lebih ringan, menjadikan salah satunya model beton percetak ini digemari oleh banyak kelompok konstruksi. Bata ringan pun relatif lebih kuat ketimbang bata merah yang lebih gampang ringkih. Berbahan yang ringan pun menjadikan tugas paling lebih efisien dan cepat.

Dalam suatu project konstruksi baik pada langkah rencana, penerapan dan pemantauan sangatlah digunakan management konstruksi yang baik. Salah satu hal yang lebih penting merupakan pemilihan material untuk bangunan yang akan berefek pada untung atau rugi suatu project. Pada saat ini perkembangan teknologi dalam peakerjaan konstruksi makin cepat yang mengakibatkan pekerjaan paling ekonomis. Salah satu yang banyak dipakai yaitu tugas pemasangan dinding bata ringan. Apakah itu bata ringan, apa kelebihannya, dan bagaimana cara pemasangannya akan kami jelaskan di bawah ini.

Distributor Bata Ringan Hebel Berkualitas di Lebak, Tenaga Profesional Hubungi WA 081381344044

Apa Makna Bata Ringan?

Bata ringan yaitu material untuk bangunan yang perannya sama seperti batu bata merah untuk dijadikan dinding. Di luar, material bahan baku bata ringan seperti beton pada biasanya tapi beratnya lebih ringan. Permukaan atasnya juga lembut dan memiliki bentuk juga seragam dari segi ukuran dan tebalnya karena diciptakan dengan cetakan press beton.

Bata ringan biasanya dibuat lewat cara masal oleh pabrik dengan olahan bahan dari kombinasi pasir kuarsa, semen, kapur, gypsum, dan alumunium pasta. Menurut Gatut Susanta, 2008, bata ringan punya karakter yang ringan, lembut dan sangatlah rata. Pada biasanya, bata ringan mempunyai ukuran 60 cm x 20 cm dengan tebal yang bervariatif 7-15 cm. Seperti yang tercantum pada web sah bata bata ringan punya berat jenis kering sekitaran 530 Kg/m3.

Karena beratnya yang lebih ringan dibandingkan batu bata merah, maka keproduktifan karyawan buat bata ringan tentunya lain dengan keproduktifan dinding bata merah. Menurut Birdyant Goritman, 2012 dalam jurnalnya meyebutkan jika dengan formasi karyawan 0,1 OH mandor, 0,3 OH kepala tukang, 2 pembantu tukang dan 3 tukang batu hasil dari penelitian didapatkan hasil rata-rata tugas setiap hari bisa memasangkan 43,62 m2 bata ringan.

Apa bata ringan itu lain dengan hebel?

Berjalannya perubahannya, pada tengah tahun 1920-an bata ringan pertama kalinya ditingkatkan di Swedia oleh Dr. Johan Axel Eriksson, seorang arsitek dan inventor, bekerja bersama dengan Profesor Henrik Kreüger dari KTH Institut Teknologi Kerajaan Swedia. Hebel yaitu merek dagang dari bata ringan yang dibuat oleh Josef Hebel di Jerman kepada 1943 yang pada akhirnya sebagai salah mengerti karena  penyebutan bata ringan menjadi bata hebel.

Hebel blok baru semakin ramai dipakai di Indonesia menjadi susunan bangunan konstruksi kepada 1995. Harga yang masih lumayan tinggi dan tersedianya yang terbatas menimbulkan bata ringan kurang digemari warga pada saat-saat itu.

Bahan baku bata ringan sendiri dibuat dari beton ringan jenis AAC (Autoclaved Aerated concrete), yang yaitu kombinasi dari pasir silica, semen, alumunium pasta dan bahan yang lain. Proses produksi bata ringan menterapkan teknologi yang merujuk pada standard DIN dari Jerman, jadi produk hebel blok yang dihasilkan punya standard kualitas yang baik dan berkualitas.

Kelebihan Menggunakan Bata Ringan

Bata ini jadi salah satu susunan bangunan yang digemari oleh banyak kontraktor dan mulai banyak dipakai buat project perumahan. Anda pun berkeinginan memanfaatkan bahan material untuk bangunan ini? Sebelum itu, ketahui dahulu keuntungan dan kekurangannya. Saat ini silahkan kita ulas sebagian kelebihan/kegunaan dari bata ringan ketimbang dengan bata merah:

  • Paling kuat dan ringan

Tepat dengan namanya, jenis beton pracetak yang satu ini punya berat yang lebih mudah dan kemampuan yang paling baik hingga tidak memberatkan susunan. Susunan beton ringan jenis AAC ini menimbulkan bangunan yang dihasilkan lebih tahan dari guncangan karena gempa bumi. Seandainya menggunakan bata biasa, akan paling susah untuk melakukan tambahan lantai atau bertambah rumah, karena dicemaskan susunan tidak kuat. Transportasi material beton ringan paling cepat. Karena beratnya yang mudah, transportasi dan pengiriman maka paling gampang.

Lebih akurat dan seragam baik ukuran ataupun memiliki bentuk. Bata ringan tidak dibuat dengan diciptakan satu-satu seperti bata merah maupun batako. Bata ringan dipotong dengan memakai mesin potong khusus sehingga ukuran dan memiliki bentuk akurat. Pemasangan lebih pesat. Karena akurat, maka pemasangan dapat dengan memakai mortar atau perekat instant sehingga pembuatan paling gampang dan paling cepat, sehingga biaya maka paling efisien.

Paling rapi dan bersih. Berbeda dengan pembuatan pasangan batu bata merah biasa yang memerlukan kombinasi mortar dari pasir dan semen, hebel blok cuma memerlukan semen instant yang digabung sedikit air. Hasilnya, pemasangan bata ringan menjadikan hasil akhir dinding paling bersih dan ringkas permukaan atasnya, terbebas dari bintik pasir yang bertebaran.

Tak perlu plesteran/tak perlu plesteran yang tebal. Bentuk bata ringan punya karekteristik yang begitu lembut. Karena itu, penampilan bata ringan yang telah dipasang sendirinya akan kelihatan lebih rapi hampir tidak diperlukan plasteran untuk bata ringan ini. Tapi mestinya plasteran terus dilakukan buat menambahkan seni dan membuat perlindungan material dinding dari serapan air hujan dan cuaca jelek.

  • Pembuatan Lebih Cepat

Bata ringan punya ukuran per satuannya yang lebih besar sehingga proses pembuatan bangunan maka lebih cepat dibanding memanfaatkan bata merah yang ukuran lebih kecil. Sama ukuran yang paling besar, adalah berdimensi 60 cm x 20 cm. Tebalnya bervariatif, mulai 7,5 cm hingga 15 cm.

Paling susah untuk terbakar. Beton ringan AAC terhitung model kombinasi beton yang tahan pada suhu tinggi, sehinnga bata ringan jadi tahan api. Bangunan yang dihasilkan juga menjadi lebih susah untuk terbakar bila terjadi musibah kebakaran. Otomatis, tempat yang terbakar akan terbatas dan tidak semakin tambah meluas ke semua rumah atau bangunan.

Lebih kedap suara dan tahan terhadap air. Karena ada rongga-rongga udara dalam material bata ringan menjadikan jenis  beton cetak ini lebih kedap suara. Bata yang dibuat di pabrik ini juga di klaim paling kedap air, sehingga rumah akan lebih tahan pada cuaca hujan yang lembab.

Cara Pemasangan Dinding Bata Ringan

Seperti hal bata merah dan batako, susunan material dinding memanfaatkan bata ringan pun memerlukan beberapa bahan yang lain seperti perekat, plesteran, dan acian. Pembuatan finising itu akan menjadikan bata ringan lebih tahan lama sehingga bangunan Anda terus tampil oke dalam periode waktu yang lama.

Untuk memberi hasil yang maksimal dan pemanfaatan bahan yang efisien, maka digunakan beberapa langkah pemasangan bata ringan secara sesuai dan bener. Dengan langkah dan jumlah material yang pas, Anda bisa menjadikan konstruksi dinding bata ringan yang lebih kuat, rapi, tahan lama, dan tidak boros bahan.

Bila material bahan berbentuk bata ringan, semen instant, dan air telah siap, maka yang pertama kalinya dilakukan merupakan memilih tujuan kerataan dinding dengan memakai benang.

Rendam bata ringan di air buat menahan perkerasan semen terlampau cepat. Bata ringan cukup direndam sebagian waktu saja.

Untuk pasta untuk perekat bata ringan dari kombinasi air dengan semen instant. Rasio kombinasi yaitu 9,5-10,5 ltr air untuk 40 kg semen instant. Pakai air bersih supaya daya lekat semen instant bisa optimal.

Persiapkan perekat dengan tebal 3 mm kepada tiang kolom dan 10-20 mm untuk bidang alas bata ringan. Pasang dimulai dari pojok dinding. Pakai palu untuk meratakan pemasangan dengan cara mengetuk-ngetok bata ringan.

Pakai perekat dengan tebal 3 mm antara pasangan bata. Yakinkan pasangan bata dipasang yang rapi dan rata. Pakai waterpass buat pastikan kerataan pasangan bata.

Langkah finising paling akhir setalah biarkan bata sepanjang 24 jam biar jadi kering sempurna sebelum siap buat diplester ialah menjadi berikut.

Distributor Bata Ringan Hebel Berkualitas di Lebak, Tenaga Berpengalaman Hubungi WA 081381344044

Plesteran Bata Ringan

Sesudah menuntaskan pemasangan bata ringan, selanjutnya dinding bata ringan diberikan plester. Fungsi dari plester ialah buat tutup pasang bata barusan. Dengan diplester, dinding akan menjadi rata dan lebih kuat.

Sebelum diplester, dinding bata ringan dibuat bersih terlebih dulu. Tipsnya dapat dengan disiram atau diperciki air seperlunya. Dengan dibasahi, plesteran pun akan terlilit makin kuat dan tidak cepat kering waktu terpasang.

Distributor Bata Ringan Hebel Berkualitas di Lebak, Tenaga Mahir Hubungi WA 081381344044

Plester dan Acian Pada Dinding Bata Ringan

Berikutnya, memasangkan papan pemisah bagian kerja kepada pinggir dinding. Jalur terpasang tiap-tiap ±1 mtr. dengan tebal sekitaran 10 mm (cocok ketebalan plesteran).

Pasta untuk plesteran dibikin dengan kombinasi air dan semen instant dengan rasio 6-6,5 ltr air buat 40 kg semen. Ketebalan yang dianjurkan ialah 10 mm.

Bila dinding terkena matahari, pakai perlindungan atau terpal untuk membuat perlindungan dinding dari cahaya matahari biar tidak jadi kering terlampau cepat.

Biarkan plesteran sepanjang 2-3 minggu waktu penyusutan sudah stop. Jika pengacian dilaksanakan waktu plesteran masih basah, akan mempunyai potensi mengakibatkan rengat rambut pada dinding karena penyusutan kepada material plesteran.

Acian Bata Ringan

Sesudah diplester, dinding bata ringan perlu diberikan susunan acian. Acian berperan untuk menutupi pori-pori pada dinding dan menjadikan dinding kelihatan lebih lembut. Acian pun membuat perlindungan dinding dari lembab karena terbukanya pori-pori pada dinding.

Pasta untuk acian dibuat dengan kombinasi semen instant dan air dengan rasio 13,5-14,5 ltr air untuk 40 kg semen instant. Ketebalan yang dianjurkan yaitu 1-3 mm. Akan tetapi, jika Anda mau menjadikan acian dengan tebal 3 mm, pengacian perlu dikerjakan dalam dua langkah. Pertama, dibuat acian dengan tebal sekitaran 1-1,5 mm, selanjutnya didiamkan jadi kering. Sesudah itu, dikasih susunan acian lagi sampai menjangkau ketebalan 3 mm.

Pakai roskam untuk menerapkan acian. Acian diterapkan dengan pergerakan sama arah. Selanjutnya, acian dilumatkan dengan kuas basah dan digosok dengan kertas semen.

Begitu hal yang mesti jadi perhatian dalam tindakan proses pembuatan plesteran dan acian kepada dinding bata ringan. Teknik program dan kombinasi material yang betul akan menjadikan dinding bata ringan sebagai lembut, rata, dan mulus. Bangunan Anda tentunya akan jadi paling kuat, rapi dan menarik.

Distributor Bata Ringan Hebel Berkualitas di Lebak, Tenaga Mahir Hubungi WA 081381344044

Kontak Kami :

Telepon/Whatsapp : 081381344044

Hubungi VIA Telepon : 

Hubungi VIA Whatsapp :